Xavi 2008/09: Raja Assist Pilar Penting Treble Barcelona

Posted on

Musim 2008/09 ialah awal satu masa baru dalam riwayat Barcelona. Bersama-sama pelatih anyar Josep Guardiola, Barcelona jadi team Spanyol pertama yang mendapatkan treble La Liga, Copa del Rey, serta Liga Champions Eropa. Xavi dengan kreasinya salah satu pilar utama di balik keberhasilan mereka.

Xavi awalnya dikukuhkan untuk Pemain Paling baik Euro 2008. Ia barusan berperan penting menolong Spanyol jadi juara serta mendapatkan gelar ke-2 mereka.

Pada musim panas, gelandang yang telah menguatkan Barcelona semenjak 1998 itu sebenarnya bicara dengan Bayern Munchen mengenai peluang geser ke Jerman. Tetapi, Guardiola memberikan keyakinan Xavi untuk bertahan.

Xavi saat itu begitu bernilai untuk dilepaskan. Xavi pada akhirnya bertahan di Barcelona.

Gol di Final Copa del Rey

Xavi adalah salah satunya pilar penting dibalik keberhasilan treble Barcelona. Andilnya mengagumkan.

Xavi cetak gol ke-4 Barcelona dalam kemenangan 4-1 atas Athletic Bilbao di final Copa del Rey 2009. Ia cetak gol itu melalui eksekusi sepakan bebas.

Real Madrid 2-6 Barcelona, Xavi 4 Assist

Di La Liga musim itu, salah satunya perform terbaik ialah saat Barcelona membuat malu Real Madrid 6-2 dalam tanding penuh gengsi bertopik El Clasico. Dalam pertandingan 2 Mei 2009 di Santiago Bernabeu itu, Xavi memberi empat assist.

Xavi membuat assist untuk beberapa gol Carles Puyol, Thierry Henry, serta Lionel Messi (2).

Gelandang Paling baik Liga Champions

Xavi berperan utama di final Liga Champions 2009 menantang Manchester United. Barcelona menang 2-0 melalui beberapa gol Samuel Eto’o serta Lionel Messi.

Xavi membuat assist untuk gol Messi, yang diciptakan superstar Argentina itu dengan tandukan.

Xavi dipilih untuk Man of the Match versus UEFA. Tidak itu saja, ia dikukuhkan untuk Gelandang Paling baik Liga Champions musim itu.

Raja Assist

Xavi merajai daftar assist di La Liga sekaligus juga Liga Champions musim itu. Xavi mengukir 22 assist di La Liga, serta 7 assist di Liga Champions. Ia mengukir 1 assist di Copa del Rey.

Pada musim 2008/09 itu, Xavi perpanjang kontraknya dengan Barcelona sampai 2014. Kontrak baru itu membuat jadi salah satunya pemain dengan upah paling besar di club, yaitu €7, 5 juta per tahun.

Tetapi, itu benar-benar tidak terlalu berlebih. Masalahnya Xavi ialah raja assist serta pilar utama di balik keberhasilan treble Barcelona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *