Luis Suarez 2013/14: Predator Gol yang Buat Liverpool Menakutkan

Posted on

Musim 2013/14 dapat disebutkan untuk musim paling baik Luis Suarez di Liverpool. Musim itu, penyerang
Uruguay itu merajai daftar pembuat gol di panggung Premier League.

Musim itu, Suarez ialah predator gol yang ganas. Ia membuat baris serang Liverpool jadi menakutkan.

Tetapi, musim itu jadi musim paling akhir Suarez di Liverpool. Ia selanjutnya masuk dengan Barcelona, serta masih bertahan disana sampai saat ini.

Walau demikian, Suarez tinggalkan masa lalu manis di Liverpool. Musim 2013/14 itu, ia betul-betul tampil mengagumkan dengan seragam Liverpool.

Penghancuran Norwich City

Salah satunya perform paling baik Suarez musim itu ialah dalam pertandingan kandang menantang Norwich City, 4 Desember 2013. Suarez borong 4 gol serta bawa Liverpool menang 5-1.

Ia jadi pemain pertama dalam riwayat Premier League yang cetak 3 hat-trick menantang satu club yang sama. Catatan golnya menantang Norwich juga jadi 11 gol dalam 5 tatap muka.

Penghargaan serta Ekstensi Kontrak

Pada 15 Desember 2013, Suarez menggunakan ban kapten Liverpool untuk kali pertamanya saat main tandang menantang Tottenham. Suarez memberi 2 gol serta satu assist untuk menolong Liverpool menang 5-0 di White Hart Lane.

Satu hari berlalu, Suarez mendapatkan penghargaan Football Supporters’ Federation Player of the Year 2013. Pada 20 Desember 2013, Suarez meneken ekstensi kontrak empat 1/2 tahun dengan Liverpool.

SAS

Pada 1 Januari 2014, Suarez cetak 1 gol dalam kemenangan kandang 2-0 atas Hull City. Suarez juga jadi pemain Liverpool pertama yang cetak
20 gol atau bisa lebih dalam dua musim berturut-turut Premier League, sesudah Robbie Fowler 1994/95 serta 1995/96.

Suarez serta pecahkan rekor Andy Cole untuk pemain paling cepat yang cetak 20 gol di Premier League. Suarez melakukan cuma dalam 15 performa.

Musim itu, duet Suarez dengan Daniel Sturridge di baris depan Liverpool membuat mereka memperoleh panggilan ‘SAS’ (Sturridge and Suarez).

Kemenangan Manis di Old Trafford

Pada 16 Maret 2014, Liverpool menang mutlak 3-0 di Old Trafford, tempat si lawan serta juara bertahan Manchester United. Suarez cetak golnya yang ke-25 di Premier League musim itu.

Itu ialah kemenangan pertama Liverpool di Old Trafford semenjak 2009.

Pecahkan Rekor-rekor

Pada 30 Maret 2014, Suarez pecahkan satu rekor club, yaitu gol paling banyak pada sebuah musim Premier League – 28 gol Robbie Fowler. Suarez melakukan saat menang 4-0 atas Tottenham di Anfield.

Pada 20 April 2014, Suarez cetak gol dalam kemenangan 3-2 atas tuan-rumah Norwich. Ia juga jadi pemain Liverpool pertama semenjak Ian Rush 1986/87 yang cetak 30 gol liga pada sebuah musim.

PFA Player of the Year

Suarez dinominasikan untuk penghargaan PFA Player of the Year. Ini telah dua musim berturut-turut Suarez masuk nominasi.

Kesempatan ini, ia memenanginya. Suarez jadi pemain non-Eropa pertama yang sempat mencapainya.

Musim itu, Suarez mendapatkan penghargaan Football Association Writers Player of the Year.

Sepatu Emas

Liverpool garapan Brendan Rodgers tidak berhasil memenangkan Premier League. The Reds finish rangking dua, dengan beda dua point dari Manchester City.

Tetapi, dua pemain Liverpool kuasai daftar pembuat gol paling banyak. Suarez finish untuk yang paling tajam dengan catatan 31 gol, sedang Sturridge di tempat dua dengan 21 gol.

Suarez jadi juara Sepatu Emas Eropa, tetapi tidak sendirian. Ia finish sejajar dengan Cristiano Ronaldo, yang cetak 31 gol untuk Real Madrid di La Liga.

Pada 11 Juli 2014, Suarez menyepakati kontrak lima tahun dengan Barcelona. Suarez serta Liverpool juga berpisah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *