Dihajar Arsenal Liverpool Gagal Pecahkan Rekor Manchester City

Posted on

Dihajar Arsenal, Liverpool Gagal Pecahkan Rekor Manchester City – Pupus sudah mimpi Liverpool untuk bisa memecahkan rekor perolehan poin milik Manchester City usai ditaklukkan Arsenal Liverpool pun harus mengubur mimpinya itu sementara waktu. Liverpool sebenarnya unggul lebih dulu melalui gol Sadio Mane pada menit ke-20. Tetapi dua belas menit kemudian Alexandre Lacazette menyamakan kedudukan disusul gol dari Reiss Nelson pada menit ke-44, sehingga Arsenal berbalik unggul.

Dihajar Arsenal Liverpool Gagal Pecahkan Rekor Manchester City

Dihajar Arsenal Liverpool Gagal Pecahkan Rekor Manchester City

Walau pun Liverpool masih memiliki dua pertandingan sisa, tetapi untuk mengejar 100 poin dalam satu musim kompetisi milik Manchester City adalah hal yang mustahil. Sebab poin yang dimiliki Liverpool sekarang adalah 93. Kalau pun dalam dua pertandingan sisa nanti Liverpool berhasil menang, poin maksimal hanya 99. Setelah memastikan gelar Premier League, Liverpool seperti “kurang imun”. Terbukti pada sabtu kemarin (11/7) Liverpool hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan tim papan tengah Burnley.

Padahal Liverpool bertindak sebagai tuan rumah. Seminggu sebelumnya Liverpool juga dihajar empat gol tanpa balas oleh Manchester City pada jum’at (3/7). Liverpool tak mampu membalas satu pun gol-gol yang dicetak oleh Kevin De Bruyne (menit ke-25), Raheem Sterling (menit ke-35), Phil Foden (menit ke-45), dan “donasi” gol pemain Liverpool sendiri Alex Oxade-Chamberlain (menit ke-66).

Dalam laga Liverpool kontra Arsenal, secara statistik permainan sesungguhnya Liverpool sangat dominan, jauh lebih unggul dari Arsenal. Seperti tendangan, Liverpool 24. Sementara Arsenal hanya 3. Jauh sekali. Kemudian tendangan mengarah ke gawang. Liverpool 8, sementara Arsenal hanya 2. Begitu pun tendangan sudut.

Liverpool juga unggul jauh dalam hal penguasaan bola. Liverpool tercatat menguasai 67 persen bola selama pertandingan. Sementara Arsenal kurang dari setengahnya, yakni hanya 33 persen saja. Lalu mengapa Liverpool kalah ? Menurut sang pelatih Juergen Klopp, bukan hal yang mengejutkan jika Liverpool kalah walau pun bermain bagus karena hal itu suatu yang biasa. Klopp juga mengakui bahwa Liverpool melakukan beberapa kesalahan manusia (human error) dan kehilangan konsentrasi.

Pemain Arsenal Alexandre Lacazette lagi-lagi memotong bola

Pihak yang disebut-sebut telah melakukan kesalahan sehingga menyebabkan kekalahan bagi Liverpool itu adalah Virgil van Dijk dan Alisson Becker. Kesalahan Virgil van Dijk adalah ketika van Dijk memberikan umpan kepada Alisson tetapi kemudian dipotong Alexandre Lacazette dan membuatnya menjadi gol. Van Dijk sendiri mengakui kesalahannya itu dan menyatakan siap bertanggung jawab.

Sedangkan blunder yang dilakukan oleh Alisson adalah ketika pada menit ke-44 berusaha memberikan umpan mendatar kepada rekannya di tengah lapangan. Lacazette berlari ke sisi pertahanan dari Liverpool, kemudian memberikan umpan mendatar yang mengarah kepada Reiss Nelson yang berada di kotak penalti. Setelah berhasil mengontrol bola, Nelson kemudian menendang si kulit bundar dengan keras. Gol kedua bagi Arsenal pun tercipta melalui kaki Nelson.

Saat ini Liverpool paling hanya bisa memecahkan rekor perolehan poin tertinggi kedua setelah Manchester City, yakni rekor perolehan poin yang dipegang oleh Chelsea dengan jumlah 95 poin. Artinya untuk bisa melampaui perolehan poin Chelsea, Liverpool harus memenangi satu dari dua pertandingan sisanya.

Ironisnya satu dari dua pertandingan sisa, Liverpool justeru harus berhadapan dengan tim yang rekornya akan dipecahkan, yakni Chelsea. Menghadapi tim sekelas Chelsea tentu bukan hal yang mudah. Apalagi Chelsea saat ini memiliki motivasi tinggi untuk bisa menang lawan Liverpool demi mengamankan tiket ke Liga Champions UEFA.

Pertandingan Liverpool kontra Chelsea sendiri akan berlangsung pada Kamis, 23 Juli 2020 di Stadion Anfield. Apakah Liverpool akan kalah lagi ? Sebuah big match yang sangat seru dan menarik untuk ditunggu tentunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *