David Villa 2005/06: Waktu El Guaje Menunjukkan Kehebatannya di Valencia

Posted on

David Villa salah satu penyerang paling baik di generasinya.

Bekas pemain Spanyol itu sempat menguatkan klub-klub teratas di La Liga. Termasuk juga salah satunya ialah Valencia.

Villa menguatkan Valencia periode 2005-2010. Keseluruhan 129 gol diciptakan pemilik nama panggilan El Guaje (The Kid) itu dalam 225 performa bersama-sama Valencia.

Musim 2005/06 ialah musim pertama Villa mengenakan seragam Valencia,
sesudah ditransfer dari Real Zaragoza. Musim itu, Villa bermain bersama-sama beberapa pemain teratas di Valencia, seperti Miguel Angel Angulo, David Albelda, Ruben Baraja, sampai Pablo Aimar.

Musim itu, ia langsung memperlihatkan kehebatannya serta menunjukkan jika Valencia tidak salah telah mengambilnya.

Villa dua musim menguatkan Zaragoza, cetak 39 gol dalam 94 performa. Musim panas 2005, Zaragoza yang tengah kesusahan keuangan putuskan untuk jual Villa.

Valencia saat itu mempunyai pelatih baru. Quique Sanchez Flores dipilih gantikan Claudio Ranieri.

Valencia perlu suntikan kualitas di baris serang. Mereka lalu mengambil Villa dengan nilai transfer €12 juta.

Villa juga pindah dari Zaragoza ke Valencia.

Efek Instant

Di minggu pembuka La Liga musim 2005/06, Valencia melayani Real Betis. Pertandingan itu berakhir seimbang 2-2, serta Villa tidak cetak gol.

Tetapi, Villa memperlihatkan ketajamannya mulai minggu ke-2. Waktu itu, Valencia berkunjung ke tempat Zaragoza, bekas club Villa.

Villa masuk gantikan Ruben Baraja pada menit 81, saat Valencia pada keadaan ketinggalan 1-2. Cuma satu menit berlalu, Villa menjebol gawang bekas timnya serta bawa Valencia mendapatkan hasil seimbang 2-2.

Gol Enam Pertandingan Berturut-turut

Villa selanjutnya tetap cetak gol dalam lima performa selanjutnya. Ia juga tertera cetak gol dalam enam performa berturut-turut di La Liga dari minggu kedua sampai minggu ke-8 (mangkir minggu 7 versus Malaga).

Villa cetak 1 gol waktu seimbang 2-2 kontra Deportivo La Coruna di minggu ketiga. Ia borong 2 gol waktu seimbang 2-2 di tempat Barcelona pada minggu ke-4.

Ia cetak 1 gol waktu menang 2-1 melayani Real Sociedad di minggu ke-5, 1 gol saat kalah 1-2 menantang tuan-rumah Getafe di minggu ke-6, serta 1 gol penalti saat menang 2-1 di kandang Real Madrid pada minggu ke-8.

Valencia 3, David Villa 25

Musim 2005/06, Valencia dapat finish di rangking 3 La Liga, di bawah Barcelona serta Real Madrid. Itu tidak terlepas dari andil Villa, yang cetak 25 gol dalam 37 performa.

Villa cuma tertaut 1 gol dari peraih Trofeo Pichichi musim itu, yaitu Samuel Eto’o yang cetak 26 gol untuk Barcelona.

Musim Kiprah yang Benar-benar Mengagumkan

Catatan 25 gol Villa di La Liga itu termasuk spesial. Masalahnya itu tertera untuk gol liga paling banyak oleh seorang pemain untuk Valencia dalam musim kiprahnya, semenjak Mario Alberto Kempes (24 gol) pada musim 1976/77.

Ya, musim kiprah David Villa di Valencia benar-benar sangat mengagumkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *