Angka-angka Keramat Persebaya, Klub Hebat dengan Kisah Panjang di Sepak Bola Indonesia

Posted on

Jakarta – Persebaya Surabaya ialah klub yang tidak bisa dibagi dari kisah bangsa Indonesia. Berdiri sejak 18 Juni 1927, Persebaya jadi saksi lahirnya Republik Indonesia.

Waktu dibikin, Persebaya Surabaya diketahui dengan nama Soerabhaisasche Indonesische Voetbal Bond (SIVB). Klub ini permulaannya dihuni sebagian orang Belanda yang ada di Surabaya.

Pada saat perserikatan ini, prestasi Persebaya betul-betul istimewa. Persebaya ialah klub kuat waktu perserikatan terkecuali Persija Jakarta, Pas Solo, PSMS Medan, PSM Makassar, dan Persib Bandung.

Kesuksesan Persebaya setelah itu bersambung pada saat Liga Indonesia. Persebaya waktu itu dihuni beberapa pemain berkualitas, diantaranya Jacksen F. Tiago, Aji Santoso, Anang Maruf, Bejo Sugiantoro, sampai Carlos de Mello.

Persebaya sukses memperoleh gelar juara Seksi Penting 1996-1997 di bawah tuntunan pelatih Rusdy Bahalwan. Gelar itu menjadi yang pertama dalam 10 tahun terakhir.

Setelah alami pasang surut, Persebaya balik lagi memberikan kukunya di Liga 1. Mereka memperoleh promosi pada musim 2017 dan jadi runner-up pada musim tempo hari.

Lalu, seperti apa perjalanan Persebaya Surabaya di sepak bola Indonesia jika dirinci melalui deretan angka-angka?

1927

Persebaya Surabaya lahir pada 18 Juni 1927. Klub ini dibuat oleh Paijo dan M. Pamoedji dengan nama Soerabhaisasche Indonesische Voetbal Bond (SIVB).

Pada 1943, SIVB setelah itu berganti nama jadi Persibaja (dibaca Persebaya). Sejak mulai itu, nama Persebaya untuk klub kebanggaan masyarakat Surabaya tidak pernah lagi berganti.

1951

Persebaya Surabaya pertama kali sukses memperoleh gelar Perserikatan pada 151. Waktu itu, Persebaya menjadi juara setelah sukses hentikan dominasi VIJ Batavia (Persija Jakarta) dan Pas Solo.

Selanjutnya, Persebaya memperoleh gelar Perseritakatan lagi pada 1952, 1975-1978, dan 1987-1988. Tentang Persebaya tercantum jadi runner-up di Perserikatan seputar 8x.

2

Persebaya Surabaya setelah itu sukses memperoleh dua gelar liga waktu laga sudah memakai nama Liga Indonesia. Pencapaian itu diraih Persebaya pada 1996-1997 dan 2004.

Tapi, sampai saat ini Persebaya belum dapat tingkatkan koleksi gelar liga. Pencapaian terbaik di laga teratas Indonesia adalah runner-up pada Liga 1 2019.

2010

Tahun 2010 jadi waktu gelap buat Persebaya. Klub asal Jawa Timur harus alami dualisme kepemimpinan.

Persebaya 1927 yang dibantu oleh semua Bonek, bermain di Liga Primer Indonesia. Persebaya setelah itu sukses menjadi juara pada 2011. Sekejap, klub yang dulu memakai nama Persebaya, saat ini jadi Bhayangkara FC.

PSSI melalui Kongres di Bandung selanjutnya akui tempat Persebaya 1927, tetapi harus berkompetisi dari Liga 2. Waktu itu, PSSI memperkenankan klub asal Jawa Timur itu untuk balik lagi menggunakan nama Persebaya.

2017

Setelah waktu dualisme, Persebaya Surabaya coba bangun di ajang sepak bola Indonesia. Persebaya harus turun kelas ke Liga 2 pada 2017.

Tapi, Persebaya tidak bertahan lama di kelas kedua dan sukses promosi ke Liga 1 2017. Persebaya sukses memperoleh ticket promosi setelah menjadi juara Liga 2. Sampai saat ini, Persebaya bermain di Liga 1 dan jadi tim yang dihormati di laga elite Indonesia itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *